All New Kia Rio

All New Kia Rio

All New Kia Rio | Kia Motor Indonesia pada tanggal 25 November 2011 kemarin membawa sebuah produk baru dari pasar Eropa untuk Indonesia yaitu All New Kia Rio. Rencananya All New Kia Rio akan menggantikan posisi Kia Pride yang lebih dulu hadir di Indonesia di segmen hatchback dan sedan. Sebelumnya Rental Mobil Jakarta belum diberikan kesempatan untuk mencoba test drive mobil ini sepenuhnya karena masih tergolong baru dan display only. Sedangkan untuk bulan November hanya baru dibuka untuk booking dan pengenalan produk.

Jika anda terbiasa melihat model-model hatchback yang berseliweran di Jakarta seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, Mazda 2 dan mobil-mobil sejenisnya. Melihat sosok All New Kia Rio akan menjadi perbedaan tersendiri karena wujudnya memiliki lekukan mobil khas Eropa. Terutama pada buritannya mengingatkan kita kepada mobil-mobil Hatchback Eropa seperti Audi A2, VW Golf dan Fiat Bravo. Tentunya bentuk yang kekar dan gagah tersebut hasil dari sebuah masterpiece mantan kepala designer mobil Audi Peter Schreyer. Di tangan ialah kemudian lahir produk-produk Kia yang lebih dinamis seperti All New Kia Sportage dan All New Kia Picanto.

All New Kia Rio

Dari spesifikasi Eropa yang beredar lebih dulu, mungkin kita bisa berdecak kagum karena mobil kecil seperti ini sudah dilengkapi dengan peralatan yang sangat lengkap. Seperti Moonroof, LED daylight pada lampu depan, Voice Commandn GPS Integrated, Cruise Control, Steering switch control dan berbagai fitur yang melimpah. Namun untuk menyesuaikan dengan harga jual di Indonesia kita tidak mendapatkan fitur-fitur sebaik versi Eropa. Namun meskipun mendapatkan pengurangan fitur, Fitur yang ada pada All New Kia Rio masih dapat diandalkan. Sebut saja sistem audio dengan MP3, CD, Bluetooth, USB dan koneksi AUX yang diteruskan kepada sistem tata suara 4 speaker.

Pada sistem pengendalian juga diperbarui dengan ditambahnya fitur MDPS atau dikenal dengan Motor Driven Power Steering. MDPS hanya bekerja ketika mobil memerlukan daya tambahan saat memutar setir dalam kecepatan lambat dan berhenti bekerja pada kecepatan tinggi. Hal tersebut membuat pengendalian lebih tajam dan penggunaan bahan bakar yang lebih hemat karena pengurangan beban kerja mesin. Maka tidak heran meskipun menggunakan mesin yang sama dengan Kia Pride dan Hyundai Grand Avega dengan seri mesin Gamma II 1.400 cc berkekuatan 107 daya kuda.

interior kia rio

Selain dari segi fitur, Kia New Rio memiliki design interior paduan warna hitam dan beige yang cerah. Hal ini dibuat berbeda karena kecenderungan masyarakat Indonesia yang menyukai model interior berwarna cerah dibandingkan dengan warna gelap. Warna beige disematkan dari model canvas door trim, warna dasar dashboard dan jok kursi penumpang. Sedangkan untuk details lainnya diberikan warna hitam dengan ornamen krom silver yang mengesankan sportifitas dalam berkendara.

All New Kia Rio dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau diantara mobil sekelasnya. Untuk transmisi manual All New Kia Rio dihargai 159.9 Juta Rupiah, sedangkan untuk versi automatic triptonic seharga 173 juta rupiah. Dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan kompetitor. Kia Motor Indonesia yakin bisa mendapatkan pangsa pasar yang bagus dibandingkan dengan Kia Pride yang telah lebih dulu hadir. Rental Mobil Jakarta memperkirakan mobil ini akan bersaing ketat dengan Hyundai Grand Avega yang telah lebih dulu hadir dan mendulang suksesnya penjualan di kelas hatchback sebelum lebaran tahun 2011. Akankah All New Kia Rio sesukses kembarannya? Kita lihat saja nanti.