Pengecekan Kendaraan Ketika Terkena Banjir

Mobil Banjir

Kota Jakarta di Musim Hujan merupakan musuh bagi pengendara mobil di jalan raya, terutama di beberapa daerah yang rawan banjir kerap kali merusak komponen dan bodi mobil yang terendam air. Jika mobil anda selesai menerjang banjir ataupun terjebak air ketika di tempat parkir. Air yang masuk ke dalam komponen mesin dapat mengakibatkan matinya pembakaran mesin, karat pada bagian komponen dan korslet pada bagian kelistrikan mobil anda. Untuk mencegah kerusahakan yang lebih mendalam anda harus memperhatikan hal-hal berikut.

1. Jangan mencoba untuk menyalakan mesin mobil.

Mobil yang terendam banjir memiliki potensi masuknya air ke dalam bagian mesin, sebelum anda siap menyalakan, anda harus benar-benar yakin bahwasanya komponen mesin anda di mobil terbebas dari air, Jika anda tetap memaksakan dan ternyata mobil memiliki kandungan air di dalam koponen vital maka akan terjadi kerusakan fatal terutama pada bagian piston, elektrik dan komponen pembakaran.

2. Periksa Indikator oli.

Periksa meteran indikator oli, jika ketinggian meteran oli lebih tinggi dari ambang batas terdapat indikasi mobil sudah kemasukan air pada bagian bak oli. Segera derek mobil ke bengkel terdekat dan kuras seluruh Oli yang ada, jika mobil anda memiliki komponen teknis yang rumit, ada baiknya melakukan turun mesin dan mengeringkan seluruh komponen yang ada di dalam mesin mobil.

3. Periksa kelistrikan.

Buka tempat sikring yang terdapat di dalam mobil, perhatikan apakah ada air yang masuk ke dalam tempat sikring. Jika terdapat air lepaskan semua sikring dan keringkan dengan hair dryer hingga benar-benar kering. Kemudian periksa kondisi ECU mesin, alternator dan injeksi mobil. Jika terdapat air jangan sekali-kali menyalakan mesin. Karena bagian komponen tersebut jika terjadi korslet akan memakan biaya yang banyak karena harus melakukan penggantian komponen. Bawa mobil ke bengkel resmi untuk melakukan pengeringan bagian elektrikal mesin mobil.

4. Periksa busi dan kabelnya

Busi merupakan komponen mesin yang cukup penting dalam mementikan api di bagian ruang pembakaran. Jika busi basah maka pembakaran tidak akan terjadi. buka seluruh bagian busi mulai dari kabel hingga kepala busi. Pastikan busi benar-benar kering. Setelah busi kering rangkai kembali ke sedia kala dan coba hidupkan mesin. Jika rangkaian pemeriksaan mobil sudah dilakukan semua dan mobil tidak juga menyala. Bawa mobil ke bengkel terdekat

5. Telepon Bantuan

Jika anda terjebak banjir atau mobil mogok akibat banjir. Hubungi customer service center Autonet Rent Car di 021 7393907 atau 49025678. Kami akan selalu sedia 24 jam untuk anda di daerah Jakarta. Untuk anda yang tidak menyewa di Autonet Rent Car, anda dapat menghubungi bengkel terdekat atau rekanan mobil anda