Konsumsi BBM Suzuki Ertiga

Suzuki ErtigaSuzuki Ertiga mulai menantang Indonesia terutama mobil sejuta umat yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena murah, tangguh dan mampu memenuhi kebutuhan keluarga menengah yang mendambakan mobil hemat BBM.

Suzuki Ertiga juga digadang seperti Avanza yang dikenal dengan keiritan konsumsi BBMnya. Setidaknya ada beberapa faktor yang dinilai oleh Suzuki Indonesia menunjuang keiritan konsumsi BBM Suzuki Ertiga di Indonesia:

1. Penggerak Roda Depan

Perbedaan yang paling mencolok antara Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza ialah pada  letak penggerak roda kendaraan. Umumnya mobil yang memiliki sasis monokok memiliki jenis penggerak roda depan memiliki konsumsi bbm yang lebih irit. Terutama untuk dalam kota yang lebih sering stop and go mesin penggerak roda depan lebih dominan dan dapat diandalkan. Sedangkan penggerak roda depan lebih dominan untuk ke luar kota dan tanjakan. Sehingga tidak salah lagi untuk kemampuan dalam kota Suzuki Ertiga lebih irit karena menggunakan penggerak roda depan.

2. Mesin.

Mesin Suzuki Ertiga berkapasitas 1.400 cc, jumlah yang ideal untuk sebuah mobil keluarga yang cocok untuk dalam kota maupun luar kota. Mesin tersebut telah dilengkapi teknologi yang menunjang untuk penghematan BBM dan meningkatkan performa kendaraan. Seperti Variable Valve Timing yang mengatur buka tutup katup secara komputer sehingga menghasilkan pembakaran yang maksimal pada tiap bukaan. Juga teknologi injeksi elektronik yang mengatur masukan bahan bakar ke ruang silinder melalui penghitungan elektrik. Teknologi-teknologi inilah yang menunjang keiritan mobil ketika melaju di jalan raya.

3. Bentuk fisik

Bentuk mobil juga mempengaruhi, terutama jika mobil memiliki hambatan angin yang sedikit maka bisa dipastikan bahwa mobil memiliki konsumsi BBM lebih irit dibandingkan mobil yang memiliki bodi yang melawan angin. Ertiga dirancang dengan bentuk tubuh streamline yang mampu menyalurkan hambatan angin ke samping dan ke bagian atas mobil. Udara yang diarahkan agar mobil mendapatkan Coefisient of Drag yang baik menuju hingga bagian belakang mobil yang semakin landai seperti mobil-mobil masa kini yang mengejar mobil agar bagus nilai hambatan angin. Terutama mobil yang sangat bagus nilai hambatan angin, sangat baik pula konsumsi BBMnya.

4. Beban kendaraan

Mobil yang memiliki beban berat tentunya semakin boros juga konsumsi BBMnya. Untuk hal ini perlu disadari bahwa Suzuki lebih mengutamakan kualitas bodi mobil dibandingkan dengan beban kendaraan. Hal ini menyebabkan Suzuki Ertiga tidak begitu baik dalam hal bobot kendaraan. Suzuki Ertiga memiliki bobot sebesar 1.400 Kg. Dibandingkan dengan Avanza yang memiliki bobot kurang dari 1.100 Kg.

Memang hingga kini belum ada laporan resmi untuk data konsumsi BBM Suzuki ertiga, apalagi jika harus dibandingkan dengan Toyota Avanza yang sangat menarik untuk dibandingkan. Mari kita tunggu saja berita terbaru mengenai data real konsumsi BBM Suzuki terbaru ini.