Proton Preve

Pabrikan otomotif utama dari negeri jiran meluncurkan model terbarunya yang mereka namakan dengan nama Proton Preve, Dengan model terbaru ini Proton Preve dapat masuk ke dalam pasar mid sedan yang saat ini dikuasai oleh Toyota Corolla Altis, Honda Civic dan VW Passat yang menjadi primadona di negeri jiran.

Proton Preve memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan kompetitornya karena dibuat dan dikembangkan sendiri oleh Malaysia, penekanan harga ini yang diharapkan menjadi nilai jual bagi calon pembeli mobil Malaysia dan rental mobil disana.

Proton masih menyematkan mesin yang sama dengan model-model Proton lainnya yaitu mesin campro berkapasitas 1.600 cc 4 silinder segaris dengan mekanikal kaki-kaki hasil kerjasama dengan lotus engineering yang membuat pengendaraan menjadi berkualitas layaknya mobil balap inggris Lotus. Dengan mesin tersebut Proton Preve mampu memuntahkan tenaga sebesar 138 HP pada 5.00 Rpm dan torsi 215 Nm.

Tenaga yang cukup besar untuk ukuran mesin 1.600 cc dibantu dengan kekuatan dorongan air tekanan rendah dari turbo kecil yang disematkan pada mesin. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut disalurkan kepada transmisi CVT otomatis dan transmisi manual 5 percepatan. Proton mengclaim untuk mencapai 100 kilometer hanya membutuhkan bensin sebanyak 6.6. liter atau sekitar 14 km/liter konsumsi bbm Proton Preve.

Dari sisi interior yang diposisikan dengan mobil yang cukup berkelas. Proton Preve sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik pada dashboard yang ditata seperti bentuk dashboard VW ditambah dengan layar monitor pada tengah dashboard sebesar 7 inchi yang dapat memutar video yand dikendalikan dengan steering switch control. Tidak lupa Proton juga menhadirkan fitur start stop engine pada mobil ini sekaligus menjadi mobil Proton pertama yang menggunakan fitur teknologi ini.

Proton Preve juga telah dilengkapi dengan peragkat keselamatan pasif dan aktif seperti bentuk rangka yang mampu menyerap benturan, ABS dan EBD juga dua airbad pada pengemudi dan penumpang. Dipastikan dengan kehadiran teknologi perangkat keamanan perjalanan semakin aman dan nyaman dengan Proton Preve. Hal lain yang menjadi perhatian kami ialah bentuk tuas perseneling automatis yang dapat dirubah menjadi manual dengan menggeser tuas ke posisi kiri.

Untuk anda yang menunggu mobil ini hadir di Indonesia nampaknya harus lebih bersabar, karena Proton masih harus banyak berpikir untuk memasukan mobil ini ke Jakarta, sebagaiman Proton Inspira yang tidak diluncurkan Proton karena melihat pasar Indonesia tidak begitu bagus karena masih memiliki konflik kebangsaan antar negara. Namun jika Proton memasukan mobil ini ke Indonesia, nampaknya harga 250 jutaan menjadi harga yang cukup wajar untuk sebuah Proton Preve