Honda Civic Indonesia 2012

Honda Civic terbaru baru saja diluncurkan di Thailand bulan ini dengan mengadopsi model terbaru yang sama dengan basis Honda Civic yang diluncurkan di Amerika Serikat. Dari segi tampilan, nampaknya Honda masih bermain aman dengan tidak keluar dari pakem design Honda Civic terdahulu yang pernah diluncurkan di Indonesia.

Generasi Civic terbaru ini sebenarnya sudah jauh hari diluncurkan di Amerika Serikat sejak tahun 2011 silam. Namun karena terdapat gangguan produksi karena banjir yang merendam kawasan pabrik Honda Thailand, Honda dengan terpaksa harus menunda kelahiran bayi baru Honda Civic untuk pasar Asia.

Model yang digunakan menganut desain grille yang sama dengan New Honda Freed Facelift yang memiliki penebalan garis utama pada bagian atas yang dilapisi chrome, desain lampu yang segaris  dengan tarikan grille memperlihatkan model yang  cukup serius untuk sebuah sedan yang berusaha mengubah citra Honda Civic yang lebih cenderung kepada mobil sport menjadi mobil mewah.

Pada model belakang mengingatkan siluet Toyota Camry terdahulu untuk versi pasar US yang menggunakan model lampu segitiga dengan garis tengah untuk rambu sen dan lampu mundur. Sekilas dari bentuk mobil keseluruhan hanya seperti facelift Honda Civic, padahal secara garis desain total mobil ini merupakan mobil baru yang dirancang dari nol.

Secara basis produksi, jika Thailand sudah membuka model terbaru dari Honda Civic, maka kemungkinan besar model Honda Civic diseluruh kawasan Asia Pasifik akan berganti model secara keseluruhan mengikuti negara basis produksi. Nah, setelah Honda melakukan facelift terhadap Honda Freed dan CRV, kapan ya Honda Civic terbaru yang sudah diluncurkan di Thailand ikut berganti di Indonesia? Tunggu saja jadwal peluncurannya…