Komparasi Nissan Evalia vs Toyota Avanza (part 2)

avanza veloz

Setelah kita membahas Komparasi Nissan Evalia vs Toyota Avanza, Kini kami lanjutkan ke part 2 yang akan membahas mengenai keiritan bahan bakar dan fitur antara kedua mobil ini. Yuk kita simak!

1. Efisiensi bahan bakar

Masalah irit-iritan Avanza sudah terkenal dengan keiritan konsumsi bahan bakarnya. Siapa lagi yang mau meragukan konsumsi BBM Avanza 1.300 cc dan 1.500 cc yang terkenal sangat irit dan dapat diandalkan. Untuk Avanza tipe terbaru bahkan Toyota sudah mengclaim lebih hemat bbm dibanding versi sebelumnya karena Toyota Avanza dibekali bentuk tubuh yang streamline dan teknologi EPS (electronic power steering) yang meringankan kinerja mesin karena tidak memerlukan tenaga hidrolis mesin untuk meringankan kerja pengemudi. Bagaimana dengan Nissan Evalia? Jika Nissan menggunakan mesin 1.500 cc milik Nissan Grand Livina tentunya akan lebih irit dari Toyota Avanza yang memiliki kapasitas mesin 1.500 cc. Ya, karena di setiap komparasi konsumsi BBM di kelas 1.500 cc Livina selalu lebih unggul diatas Avanza 1.500 cc.

Namun untuk Nissan Evalia berbeda kasus. Di dalam spesifikasi Nissan Evalia memiliki bobot yang lebih berat, bodi yang lebih besar sehingga memiliki nilai hambatan angin yang lebih tinggi dan yang terakhir mobil ini memiliki penggerak roda belakang yang lebih bertenaga namun lebih boros dibandingkan mobil berpenggerak roda depan. Sehingga tidak dapat disamakan dengan Nissan Livina dari segi konsumsi bahan bakar meskipun sama-sama menggunakan mesin dan transmisi yang sama.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi mengenai data konsumsi BBM Nissan Evalia di Indonesia, untuk itu mari kita tunggu artikel berikutnya yang lebih mendalam mengenai konsumsi BBM mobil ini. Yang pasti Nissan akan lebih berhati-hati untuk menginformasikan pengguna kendaraan tentang konsumsi BBM agar tidak salah seperti kasus Nissan March kemarin.

2. Fitur

Toyota Avanza memilik fitur yang cukup memadai dengan harga yang kompetitif, sebut saja untuk varian teratas Avanza sudah dilengkapi dengan AC Double blower, Head Unit CD, MP3, Aux, dan USB yang dilengkapi dengan steering switch control, juga perangkat keamanan aktif seperti ABS dan EBD yang memaksimalkan pengereman dikala hujan. Fitur-fitur tersebut membuat Toyota Avanza selangkah lebih maju dibandingkan model sebelumnya yang terjual hampir 1 juta unit sejak penjualannya di tahun 2004.

Begitupula dengan Nissan Evalia. Mobil yang dikenal dengan nama NV 200 ini memiliki segudang fitur yang membuat mobil ini lebih unik dibandingkan mobil sekelasnya, seperti pintu sliding pada bagian tengah yang memungkinkan penumpang keluar/masuk lebih mudah karena ukurannya yang lebar dan ringan untuk dioperasikan, tuas transmisi yang berada di tengah dashboard, head unit yang dapat dikontrol oleh pengemudi melalui setir dan tidak lupa perangkat keamanan aktif seperti sensor parkir, ABS dan EBD untuk pengereman. Memang terlihat mobil ini tidak jauh dengan Avanza dari segi fitur, namun perlu dicatat bahwa Nissan Evalia memiliki ruang kabin lebih lapang sehingga memudahkan modifikator menambahkan aksesoris di dalamnya.