MPV VW Touran

VW Touran merupakan MPV andalan keluaran VW yang memiliki bodi kompak berbekal mesin bertenaga namun memiliki konsumsi bbm yang irit karena menggunakan teknologi TSi yang menggabungkan antara turbo dan turbocharged di mesin 1.400 ccnya yang mungil. Teknologi inilah yang ditawarkan oleh VW Touran akan keiritan konsumsi bahan bakarnya dan tenaga mesin yang mencapati 160 Horse Power tanpa menggunakan mesin berukuran besar.

Dari segi dimensi dan harga, sebenarnya agak rancu jika VW mengatakan mobil ini dibuat untuk melawan dominasi Toyota Kijang Innova, karena dari harga sudah terpaut jauh diatas 300 juta, sedangkan Kijang Innova hanya dibanderol dengan harga 200 jutaan. Belum lagi dari dimensinya mobil ini lebih mirip dengan Chevrolet Orlando yang sama memiliki kapasitas penumpang 7 seater dengan bodi kompak.

VW Touran meraih banyak penghargaan di eropa, karena mobil ini sesuai dengan kebutuhan keluarga yang mempunyai anak dan barang bawaan dalam jumlah besar. Sehingga wajar saja mobil ini diminati. Namun ketika kita masuk ke dalam interior memang mobil ini sangat baik kualitas pengerjaan interiornya. Mulai dari pemilihan bahan material dashboardVW Touran, trim dan jok kulit berbalut alkantra yang dijahit secara kuat. Menunjukan bahwa mobil ini memiliki cita rasa tinggi akan sebuah mobil keluarga mewah.

Namun dibalik kemewahannya tersebut, mobil ini mampu berlari dengan cepat dan memiliki kualitas handling yang sangat baik dibanding dengan mobil keluarga biasa. Mesin 1.400 TSi telah diuji di berbagai belahan dunia terutama pada mobil VW seri Polo, Golf dan Touran yang terjual laris di seluruh belahan dunia. Terutama ketika menginjak RPM yang lebih dalam akan terasa entakan tenaga yang dikeluarkan oleh turbocharger, sedangkan pada putaran Rpm rendah tenaga dikeluarkan oleh turbo standar yang hanya bekerja pada awal Rpm rendah.

Untuk masalah handling juga tidak perlu diragukan lagi, VW membekali mobil ini dengan sasis yang sama dengan VW Golf GTi yang dipanjangkan, belum lagi perangkat keamanan aktif VW yang selalu menjaga mobil agar tidak keluar dari lintasan juga mengurangi gejala-gejala oversteer maupun understeer. Hal ini teruji ketika pengetesan wartawan banyak yang memuji performa dan kelincahan VW Touran dalam bermanuver di sirkuit.

Nah, kini VW Touran tidak sendiri, karena Chevrolet juga baru saja meluncurkan MPV yang berada di segmen yang sama dengan harga yang sama dengan VW Touran. Akankah mobil ini tahan menghadapi gempuran Chevrolet yang kian menggurita? Kita tunggu saja kabar terbaru penjualannya di tanah air