Mobil Mobil terbaru di tahun 2012

Tahun 2012 merupakan tahun yang sangat gemilang bagi peluncuran mobil-mobil baru di Indonesia, Berbagai merek, model dan tipe diluncurkan di tahun ini baik untuk model major change yang berubah total secara keseluruhan dan minor change yang hanya sebatas perubahan kosmetik tampilan eksterior maupun interior.

Angin perubahan Minor dan Major Change paling banyak dirasakan oleh Honda di tahun 2012. Tercatat Honda CR-V, Honda City, Honda Freed mengalami perubahan minor change untuk pasar 2012, bahkan untuk Jazz facelift diluncurkan pada tahun 2011 akhir sebagai penyegaran dari bentuk lama yang sudah lama melenggang di Jakarta. Untuk Major Change honda juga tidak mau ketinggalan. Pada bulan Juli ini Honda telah mendesain ulang Honda Civic yang telah mengalami pendewasaan namun tidak kehilangan jati dirinya yang memiliki bentuk bodi streamline dan model dashboard layaknya kokpit pesawat lengkap dengan display layar 7 inchi yang terintegrasi dengan Audio System.

Selain Honda Civic, Honda juga telah membuka inden Honda Brio yang akan diluncurkan saat bulan Ramadhan dengan harga yang cukup bersaing di kisaran 130 hingga 150 juta Rupiah. Sedangkan untuk senjata pamungkas di akhir tahun untuk mendongkrak penjualan, Honda disinyalir akan meluncurkan CRV generasi ke-4 pada akhir tahun di bulan oktober ini. Jadi dapat disimpulkan Honda melakukan penyegaran terhadap semua line up produknya kecuali Honda Oddyssey dan Honda Accord.

sewa nissan nv200 evalia

Kabar mobil mobil terbaru tidak hanya dari Honda saja. Meskipun ATPM lain hanya melakukan perubahan dan penambahan pada beberapa modelnya saja, ada segmen yang cukup menarik untuk dibahas disini. Segmen low budget MPV yang dulu diisi oleh Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Daihatsu Luxio, Nissan Grand Livina dan Suzuki APV kini mendapatkan dua kompetitor baru yang memiliki kelebihan dan kemiripian spesifikasi. Salah satunya berasal dari Suzuki dengan Ertiga dan Nissan dengan Evalia. Alhasil dengan adanya kedua kompetitor baru tersebut pasar low budget MPV ini semakin berdarah-darah.

Makin seru lagi, Avanza dan Xenia yang dikenal dapat dibawa pulang dengan DP rendah kini sudah tidak bisa lagi bertahan karena peraturan Bank Indonesia yang mewajibkan DP kendaraan minimal 30% untuk pembelian mobil secara kredit. Sehingga pembeli mobil sudah tidak dapat mendapatkan mobil baru dengan Total DP dibawah 30 juta seperti layaknya dulu. Kini minimal harus merogoh kocek sedalam 40 juta untuk mendapatkan Avanza atau Xenia dan mobil-mobil sekelasnya.

Di penjualan pertamanya, Ertiga dan Evalia mampu memberikan pukulan dahsyat bagi penjualan Avanza dan Xenia di bulan Juli. Calon pembeli rupanya tertarik dengan kelebihan yang ditawarkan kedua mobil tersebut. Selain mobil yang memiliki model yang baru, harganya juga sangat kompetitif bila dibandingkan dengan Avanza-Xenia, begitupula paket kredit yang ditawarkan. Begitupula untuk urusan rental mobil, kedatangan kedua mobil tersebut mulai nyesaki posisi sewa Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Selain segmen Low Budget MPV, segmen hatchback juga mendapat perhatian serius, Contoh penyegaran minor change terjadi pada Toyota Yaris dan Mazda 2, Untuk Toyota Yaris tidak ada penambahan fitur, hanya perubahan detailing saja, Namun Mazda 2 terdapat fitur-fitur baru seperti Audio baru dan lampu depan dengan reflector untuk menerangi jalan dengan baik.

mazda CX 5

Sedangkan untuk sedan masih terlihat lesu, tercatat perubahan model hanya dilakukan oleh Toyota Camry dan mobil-mobil mewah seperti BMW seri 3 terbaru, C Class terbaru dan sedan mewah Audi. di segmen SUV masih mendapatkan pencerahan karena dihadirkannya Mazda CX-5 dengan paket optimasi kendaraan Skyactive dan Mitsubishi Outlander Sport yang diluncurkan tahun ini. Semakin banyak pilihan SUV yang ditawarkan semakin ketat persaingan, bahkan penjualan CRV mulai kedodoran dengan hadirnya Mazda CX-5 ini.

Terakhir, gebrakan baru dibuka oleh Toyota dengan memasarkan mobil sport legendarisnya di Indon 86 atau AE 86 sprinter berpenggerak roda belakang dengan mesin Boxer 2.000 cc. Mobil ini diperuntukan untuk kaum muda yang senang dengan olahraga otomotif “drifting” yang kini mulai digandrungi. Mobil ini penuh dengan nuansa sport dari kelir bodi hingga interior dan masalah harga tidak main-main Toyota membanderol mobil ini diatas 500 juta, Yaitu 600 juta Rupiah untuk tipe manual yang paling standar.

Nah, kira-kira sampai Juli prediksi mobil baru yang akan dan telah diluncurkan sudah kami rangkum dalam tulisan ini. Namun masih ada kemungkinan besar dikeluarkannya model baru yang belum diinformasikan kepada media dan publik di tahun 2012 ini. Kita tunggu saja nanti kabar terbarunya.