Toyota Prius C – Aqua

Toyota Prius Aqua

Toyota Prius Aqua | Toyota melakukan pembaruan lagi terhadap varian Toyota Prius, setelah sukses dengan versi  standar dan versi MPV yang lebih besar. Kini Toyota menambah keluarga Prius dengan varian yang lebih kecil dan lebih terjangkau dengan nama Toyota Prius Aqua ata udikenal dengan nama konsepnya Toyota Prius C. Meskipun mobil ini lebih kecil dan lebih murah, Toyota Prius Aqua diclaim lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan varian Prius lainnya yang lebih populer.

Selama ini Toyota sadar bahwa teknologi hybrid yang mereka benamkan pada model Toyota Prius terdahulu tergolong mahal dan sulit untuk dijangkau oleh banyak golongan. Kali ini Toyota menginginkan penjualan mobil ini sukses untuk menggantikan teknologi mesin bensin konvensionial ke mesin Hybrid Toyota yang dilengkapi dengan teknologi Plug-In Hybrid menjadi sebua mobil yang dapat dijangkau oleh masyarakat, termasuk masyarakat Indonesia.

toyota prius aqua back

Dengan dimensi yang tidak lebih besar dari sebuah Honda Jazz, mobil ini sesungguhnya merupakan jawaban dari Toyota atas mobil konsep yang diluncurkan oleh kompetitor satu negaranya yaitu Honda dengan Jazz Hybridnya yang mampu menarik banyak simpati pada ajang motor show terdahulu. Toyota mencoba menjegal Honda Jazz Hybrid namun bukan dengan meluncurkan Yaris Hybrid atau Toyota Ist Hybrid. Namun Toyota memiliki strategi lain dengan menambah varian Prius Hybrid yang memiliki nama sakti sebagai mobil yang sangat ramah lingkungan.

Mobil ini memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.445 mm dan jarak sumbu roda 2.550 mm. Dengan dimensi sebesar ini, menunjukan bahwa mobil ini memiliki dimensi yang tidak jauh beda dengan Toyota Vios. Alhasil masih bisa dibayangkan mobil hatchback dengan interior selega Toyota Yaris namun dengan kapasitas bagasi yang lebih besar karena panjang mobil ini seperti Toyota Vios.

Toyota Prius Aqua interior

Pada interior tidak ubahnya model Toyota Prius standar dan Toyota Prius V yang lebih besar. Dengan konsep lekukan dashboard yang mengarah ke arah pengemudi mengingatkan kita akan mobil mewah Lexus RX 270 yang menjadi tulang punggung penjualan Lexus di Indonesia. Namun karena Toyota PRius Aqua merupakan versi ekonomis dari Toyota Prius. Beberap fitur canggih absen dari mobil ini, sebut saja AC dengan Climate Control, Jok Kulit dan Keyless entry yang hanya hadir pada varian tertinggi dari Toyota Prius Aqua ini. Namun pada entertainment tetap disuguhkan head unit yang mampu memutar DVD, USB dan AUX seperti mobil modern pada umumnya. Dengan fasilitas yang mumpuni meskipun dibawah Toyota Prius, mobil ini merupakan mobil yang memiliki kelengkapan paling baik untuk mobil sekelasnya.

Toyota Prius Aqua dibekalimesin elektrik dan mesin bensin dengan kapasitas 1.500 cc. Mobil ini diklaim sebagai mobil kecil teririt dengan konsumsi bahan bakar sebesar 35 – 40 km/liter. Sedangkan untuk perkotaan terboros mencapai 21 km/liter. Sebuah angka yang fantastis untuk konsumsi bbm mobil masa kini. Toyota berharap dengan konsumsi BBM yang sangat irit ini merupakan jasa Toyota sebagai pelopor produsen kendaraan ramah lingkungan untuk masa depan yang sudah terwujud di masa kini.