Cara Berkendara Aman

Saat ini tingkat kriminalitas di Kota Jakarta sedang mengalami suasana penuh terror dari pelaku kejahatan mupun kelompok-kelompok tertentu yang ingin merampok atau menyerang mobil kesayangan anda. Untuk menghindari gangguan dari perilaku-perilaku orang yang tidak bertanggung jawab dibutuhkan pengetahuan dan kewaspadaan selama anda berkendara. Autonet Rent Car mencoba berbagi tips untuk menghindari kejahatan di perjalanan anda.

1. Usahakan untuk tidak pergi di malam hari.

Berpergian di malam hari lebih berisiko dibandingkan pada malam hari. Terutama jika anda melewati daerah-daerah yang sepi dan rawan kejahatan. Pada malam hari, kurangnya cahaya pada jalan-jalan di Jakarta dan sepinya orang-orang di malam hari dapat mengundang penjahat untuk beraksi. Sebaiknya jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak jangan berpergia di malam hari atau gunakan seorang supir untuk menyupir dan menjaga mobil anda ketika di tinggal.

2. Tidak mudah terpancing

Selama perjalan seringkali kita menemukan tanda atau panggilan dari orang lain, seperti misalkan informasi dari orang lain tentang ban mobil yang kempes, atau orang yang mencegat di tengah jalan. Belum tentu orang yang kita kira untuk berniat baik memberikan informasi justru malahan mencari celah untuk mereka merampas barang bawaan milik kita. Contoh pada sebuah kasus yang sering terjadi di daerah Jakarta Timur banyak penjahat yang mengincar barang bawaan anda di dalam mobil ketika sedang berhenti.

3. Tidak berhenti di lampu merah

Ketika malam hari, usahakan untuk tidak berhenti di lampu merah. Usahakan ketika dari jauh sudah melihat lampu menunjukan warna merah untuk memelankan kendaraan anda dari jauh agar terhindar dari berhenti di lampu merah. Lokasi lampu merah merupakan tempat favorit dari pencoleng spion dan kapak merah.

4. Parkir di tempat aman

Parkirlah kendaraan anda di tempat aman ketika anda hendak meninggalkan kendaraan anda sementara waktu. Usahakan tempat parkir yang anda pilih memiliki manajemen parkir professional ataupun memiliki penjaga yang terus mengawasi mobil kita. Hindari tempat parkir yang gelap, sepi dan tidak tampak oleh mata telanjang. Jika anda parkir di depan rumah usahakan untuk menggunakan kunci ganda pada setir mobil anda untuk mencegah kehilangan

5. Hindari tempat-tempat yang mengundang konflik

Untuk menghindari kerusakan kendaraan akibat dari bentrok atau tawuran dari sebuah daerah, kelompok pelajar ataupun geng motor. Usahakan untuk menghindari tempat yang menjadi basis berkumpul dari kelompok-kelompok tertentu seperti minimarket 24 jam, klub atau tempat-tempat lainnya yang mengundang perselisihan antar kelompok.