Cara Melacak Plat Nomor Mobil

Plat nomor mobil merupakan cara identifikasi kendaraan agar mudah dikenali dan dilacak keberadaannya, sehingga setiap kendaraan bermotor wajib memiliki nomor identitas  yang ditempelkan dalam bentuk plat di bagian depan dan belakang kendaraan. Dari plat nomor mobil juga dilampirkan 2 kertas yang wajib dibawa yaitu STNK dan slip Pajak kendaraan bermotor. Pada STNK terdapat data kendaraan yang lebih jelas seperti Nama pemilik, Alamat pemilik, Nomor mesin, Nomor rangka, warna, tahun dan informasi lainnya mengenai kendaran.

Namun bagaimana cara melacak bahwa plat nomor mobil tersebut benar-benar sesuai dengan data di STNK  dan benar keabsahannya. Pastinya ada sebuah cara untuk melacak hal tersebut mekipun sedikit memakan waktu untuk mengetahuinya, karena cukup berbahaya jika kita ingin membeli atau menggunakan mobil yang menggunakan identitas palsu.

Polda Metro Jaya mengizinkan setiap orang yang memiliki kepentingan untuk mengecek identitas kendaraan melalui plat nomor mobil di Samsat setempat. Dengan mengecek identitas mobil, kita dapat mengetahui siapa pemiliki dan alamat pemilik kendaraan. Namun hal ini harus digunakan secara bijaksana, bukan untuk kepentingan kejahatan maupun hal-hal negatif lainnya.

Tujuan Samsat Kepolisian memberikan informasi ini untuk memverifikasi keaslian dan keakuratan data kendaraan sesuai dengan plat nomor mobil, sehingga jika masyarakat ingin membeli mobil bekas di pedagang mobil ataupun menyewa mobil di rental mobil tidak perlu khawatir akan keaslian identitas kendaraan karena saat ini banyak sekali mobil-mobil dengan identitas palsu yang didapatkan dengan cara yang tidak benar. Terutama untuk Toyota Avanza yang sering menjadi primadona incaran pencuri kendaraan bermotor.

Begitupula bila anda ingin mengecek nilai objek pajak kendaran dapat anda ketahui melalui samsat dengan cara datang langsung ke Samsat atau melihatnya secara online di situs samsat DKI. Cara untuk melihat secara online juga sangat mudah, cukup masukan plat nomor mobil ke dalam kolom yang disediakan oleh website tersebut dan akan terlihat berapa nilai jual mobil beserta pajaknya.

Nah dengan teknologi yang disediakan semakin aman kan jika anda hendak beli atau sewa mobil di Jakarta. Ada baiknya untuk anda melihat dulu identitas kendaraan dengan cermat agar anda tenang selama perjalanan.