Apakah Mobil Listrik Mengeluarkan Suara? Seperti Apa Suaranya?

Industri kendaraan listrik saat ini memang cukup familiar di Indonesia. Bahkan, sebagian pemakai kendaraan konvensional, mulai beralih ke kendaraan listrik sebagai alternatif yang ramah lingkungan. Selain mengurangi emisi karbon, mobil listrik juga menguntungkan dari segi biaya pengisian daya.

Selain itu, antara mobil listrik dengan mobil konvensional juga memiliki beberapa perbedaan yang signifikan. Jika biasanya mobil berbahan bakar minyak menimbulkan kebisingan lalu lintas, lain halnya dengan mobil listrik. Namun, apakah mobil listrik mengeluarkan suara walaupun tidak sebising mobil konvensional?

Apakah Mobil Listrik Mengeluarkan Suara?

Pada kendaraan konvensional berbahan fosil, suara utama mobil yang didengar pengemudi adalah suara mesin. Suara ini dihasilkan dari proses termodinamika. Dimana energi panas diubah menjadi energi mekanik sehingga silinder mesin menghasilkan suara dari katup pembuangan.

Lantas apakah mobil listrik mengeluarkan suara yang sama? Jawabannya adalah tidak sama. Pada dasarnya mobil listrik tidak memiliki mesin. Sebab kendaraan ini memiliki sistem motor yang memperoleh tenaga dari baterai.

Jadi tidak ada proses termodinamika, melainkan elektromagnetik yang jauh dari emisi kebisingan. Akibatnya, motor atau mobil listrik hampir tidak bersuara sama sekali bahkan senyap.

Jika dibandingkan dengan mobil yang menggunakan bensin, pada kecepatan rendah (di bawah 30 km/jam) suara kendaraan listrik jauh lebih tenang. Satu-satunya suara mobil listrik yang akan Anda dengar adalah suara ban yang menggelinding di permukaan jalan.

Dari dalam mobil hanya akan terdengar suara menderu yang rendah seperti kebisingan latar belakang.

Suara kebisingan ban ini tergantung pada kecepatan Anda mengemudi dan kondisi jalan yang menghasilkan getaran di dalam kabin mobil. Semakin cepat Anda mengemudi, semakin Anda mendengar suara berdesing dari dalam mobil.

Keuntungan Menggunakan Mobil Listrik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mobil listrik memiliki keunggulan tersendiri dibanding mobil konvensional. Salah satu poin menarik dari keuntungan menggunakan mobil listrik adalah anti bising.

Kendaraan berbahan bakar fosil akan mengeluarkan suara saat mesin dinyalakan. Suara bising akan lebih terdengar terutama jika terjadi masalah seperti oli mengering hingga bearing.

Terlebih lagi jika kendaraan konvensional tersebut sudah berusia lama, biasanya di atas 10 tahun akan rentan mengeluarkan suara bising. Sangat berbeda dengan mobil listrik yang tidak menimbulkan suara bising.

Namun demi keselamatan pengguna jalan lainnya, mobil listrik akan dirancang dengan suara yang tentu tidak akan mengganggu telinga. Hal ini menjadikan kendaraan listrik layak dipilih bagi Anda yang mengutamakan harmoni dan kenyamanan.

Keuntungan lainnya adalah dari segi pengisian daya atau charging. Karena sumber tenaga mobil ini berasal dari baterai, mobil listrik dapat berjalan setelah diisi dayanya.

Tentunya pengisian daya ini lebih murah dibandingkan menggunakan BBM. Apalagi seperti yang Anda ketahui, bahan bakar minyak saat ini semakin mahal.

Kehadiran mobil listrik sekarang menjadi opsi lain untuk mensubtitusi bahan bakar minyak sebagai energi. Penggunaan daya listrik juga dapat menghindari kelangkaan bahan bakar minyak yang mungkin terjadi di kemudian hari. Meski hanya perlu charging, mobil listrik dapat berjalan bahkan hingga ratusan kilometer.

Nah, itu dia jawaban dari pertanyaan apakah mobil listrik mengeluarkan suara yang sama seperti mobil konvensional atau tidak. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda seputar mobil listrik.

Tertarik untuk menyewa mobil listrik untuk berbagai keperluan? Autonet Rent Car sebagai jasa rental atau sewa mobil listrik terbaik dan terpercaya siap memenuhi kebutuhan mobil listrik Anda.

Program kami yaitu memberikan layanan yang baik sekaligus memberikan dampak positif bagi lingkungan dan orang-orang yang membutuhkan.

Berdiri sejak 1997, Autonet Rent Car sudah terpercaya dan memiliki ribuan testimoni positif dari pelanggan. Untuk informasi penyewaan di Autonet Rent Car, silahkan menghubungi kontak yang tersedia di website kami.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *