New Mazda CX 5

mazda CX 5

New Mazda CX 5 | Setelah sukses dengan model-model SUV yang belum pernah dijajaki oleh Mazda sebelumnya. Kini Mazda ingin mencoba mengulang kesuksesan CX-7 dan CX-9 dengan mengeluarkan produk terbaru yang lebih kecil bernama Mazda CX-5. Mazda CX-5 sendiri hadir dan diposisikan untuk bermain di kelas entry SUV dengan kompetitor sekelas Honda CRV, Nissan X Trail dan produk-produk SUV perkotaan dengan range harga diatas 300 jutaan. Namun meskipun jauh lebih murah dibanding kakak-kakaknya CX 7 dan CX 9. Mobil ini tetap dilengkapi dengan berbagai fitur mewah dan mutakhir unggulan Mazda.

Mobil ini telah diperkenalkan di ajang pameran mobil bergengsi di Frankfurt di akhir 2011 ini sebagai versi produksi massal dari Mazda CX 5. Versi yang diluncurkan tersebut memiliki posisi mengemudi di sebelah kiri mengikuti pasar Eropa. Dilihat dari dimensinya yang tidak begitu tinggi dan lebar. Mobil ini lebih cocok untuk disandingkan dengan Crossover sekelas Mitsubishi ASX dan Nissan Juke. Hanya saja dengan dimensi yang mengalami bentuk desain khas Mazda, Bagian interior memiliki ruang penumpang yang terbesar di kelasnya dan bagasi yang mampu menampung hingga volume 500 Liter.

Mazda CX 5 interior

Masuk ke dalam kabin, kita akan disuguhkan oleh balutan kulit hitam pada bagian interior mobil. Dashboard pun tampak manis dengan paduan wood panel hitam yang menempel dengan sempurna pada bagian Dashboard. Melihat desain Interior dengan kombinasi seperti gambar diatas tentunya mengingatkan kita akan desain interior BMW yang simple dan dinamis. Terutama dengan adanya layar pada bagian atas dashboard yang dapat dikontrol melalui joystick yang ada di tengah konsol dengan bentuk bundar. Hanya saja pada Mazda CX 5, monitor 5.8 inchi tersebut memiliki fungsi touch screen yang dapat mempermudah pengendalian sistem audio.

Dengan desain yang menawan, mobil ini tidak hanya cantik luar dalam. Pada bagian mesin Mazda juga menawarkan pilihan serius antara mesin diesel 2.200 cc dan bensin 2.000 cc yang masing-masing dapat memuntahkan tenaga 150 PS dan 175 PS pada kedua penggerak rodanya. Namun tenaga yang besar tersebut harus dibayar dengan kompresi tekanan ruang pembakaran yang tinggi lebih dari 10:0.1 pada setiap mesin. Dengan kompresi yang sangat besar, mobil ini hanya mampu menenggak bensin dengan kualitas RON diatas 94, yaitu sekelas Pertamax plus atau Shell Super Extra. Hal ini juga mempengaruhi pemetaan pasar untuk Indonesia, terutama pasar rental mobil jakarta.

Dengan fitur yang segar. Tentunya mobil ini akan hadir dengan harga yang berbeda. Estimasi dari harga Eropa jika masuk ke pasar Indonesia mungkin akan berkisar di atas 300 jutaan. Namun dengan harga tersebut kita sudah mendapatkan mobil dengan desain unik, interior mewah dan mesin yang bertenaga di kelasnya. Juga image brand Mazda yang identik dengan mobil kencang khas negeri matahari terbit.