Plus Minus Avanza Lama dan Baru [part 1]

avanza veloz

Semenjak peluncurannya pada akhir 2011, Toyota Avanza terbaru mendapat respon yang cukup baik di Rental Mobil Jakarta. Terutama bagi perkantoran dan sewa mobil harian untuk konsumen yang membutuhkan rental mobil jakarta. Meskipun Toyota Avanza baru mulai menggantikan unit Toyota Avanza lama, eksistensi Avanza model lama masih diminati karena masih banyak yang menggemari model tersebut. Setelah Rental Mobil Jakarta menggunakan armada Toyota Avanza baru untuk mobil disewakan. Kami mendapatkan beberapa perbedaan yang menjadi plus minus antara Toyota Avanza baru dan Lama.

sewa rental mobil Toyota Avanza

1. Suspensi

Urusan suspensi sudah jelas Avanza generasi terbaru menang telak. Meskipun sama-sama menggunakan suspensi jenis double wishbone dan coil spring pada bagian belakang. Alur panjang per Toyota Avanza terbaru dibuat lebih rapat sehingga jarak pemuaian pegas ketika meredam guncangan lebih nyaman. Begitupula dengan pengendalian setir lebih akurat dan mantap. Rental Mobil Jakarta merasakan cengkeraman Avanza terbaru lebih baik akibat dari peningkatan kinerja suspensi, terbukti ketika melahap jalan tol Cipularang menuju Bandung dari Jakarta dalam memenuhi sewa mobil harian. Toytota Avanza terbaru jauh lebih stabil dibandingkan dengan generasi terdahulu.

2. Mesin

Diatas kertas, mesin Toyota Avanza generasi terbaru masih sama dengan mesin yang digunakan pada generasi sebelumnya. Hanya saja terdapat penambahan teknologi pada sistem power steering yang menggunakan mesin elektrik atau dikenal dengan EPS (Electronic Power Steering). Dengan menggunakan EPS, kinerja mesin tidak terganggu penggunaan komponen hidrolik power steering konvensional. Maka dari itu Toyota dengan bangga mengatakan bahwa mesin Toyota Avanza generasi terbaru lebih irit dan bertenaga. Lalu bagaimana dengan aplikasinya di lapangan?

Autonet Rent Car yang telah berkali-kali menggunakan Toyota New Avanza untuk memenuhi kebutuhan sewa rental mobil jakarta maupun luar kota mencatat tidak ada perubahan yang signifikan pada konsumsi BBM Avanza terbaru dan generasi lama. Begitupula dengan tenaga mesin sekilas tidak ada perubahan sedikitpun. Bahkan Avanza generasi terdahulu dirasakan lebih responsif dibanding generasi terkini. Mungkin terdapat perbedaan, mungkin karena sangat sedikit perbedaan konsumsi bahan bakar dan akselerasi mesin, Rental Mobil Jakarta kurang merasakan hal tersebut.

3. Ruang Penumpang

Untuk akomodasi penumpang Toyota Avanza generasi terbaru sepertinya harus bertekuk lutut kepada generasi pertama. Terutama pada penumpang belakang. Rental Mobil Jakarta seringkali mendapat keluhan kepala penumpang belakang diatas 170 cm menyentuh plafon atap mobil. Padahal bagian belakang Avanza generasi pertama pada bagian belakang dapat mengakomodasi penumpang dengan baik. Hal ini yang menjadi point penting ketika berkendara dengan jumlah penumpang yang banyak. Untungnya kekecewaan tersebut terbayar oleh model kursi depan Avanza terbaru lebih nyaman dibanding model pertama.

Bersambung ke part II