Toyota Yaris Facelift 2012

Toyota Yaris Facelift

Toyota Astra Motor Indonesia rupanya diam-diam sudah meracik jurus baru untuk meremajakan Toyota Yaris agar segar kembali di masyarakat. Namun peremajaan yang dilakukan Toyota Astra Motor bukanlah pergantian model secara keseluruhan (major change) melainkan hanya perubahan pada bagian kosmetik mobil atau lebih dikenal dengan kata facelift.

Terdapat pertanyaan besar dibalik peremajaan Toyota Yaris ini. Disaat dunia sedang membicarakan Toyota Yaris model terbaru yang berubah total. Justru Toyota Indonesia malah mengeluarkan model terbaru  sebatas facelift? Menurut pengamatan Rental Mobil Jakarta strategi yang diambil oleh TAM selaku ATPM resmi produsen mobil Jepang tersebut sengaja memberikan penyegaran terhadap Toyota Yaris karena kompetitor utama yaitu Honda Jazz sedang mengalami masalah distribusi berkepanjangan akibat dari dampak banjir di Thailand.

Dengan terhambatnya produksi Honda Jazz tercatat pada bulan Januari lalu hanya mendistribusikan 2 unit Honda Jazz kepada konsumen. Keterlambatan tersebut akan terus terjadi hingga pertengahan tahun 2012 karena untuk memulihkan pabrik setelah banjir tidaklah sebentar. Sedangkan data yang didapatkan oleh Rental Mobil Jakarta pasar hatchback nasional lebih dari 50% dikuasai oleh Toyota Yaris dan produk hatchback terbaru dari negeri gingseng.

Melihat pasar yang masih kuat didominasi oleh Toyota Yaris. Toyota Astra Motor sepertinya memilih untuk menunda kehadiran Yaris baru. Sehingga ketika produksi Honda Jazz pulih dan penjualan Yaris menurun. Toyota dapat merebut kembali pasar dengan gebrakan Toyota Yaris versi terbaru major change. Rental Mobil Jakarta melihat ini adalah sebuah strategi marketing yang sangat efektif dengan melihat kelemahan kompetitor.

Toyota Yaris Facelift back

Facelift yang ditawarkan oleh Toyota juga terlihat serius meskipun masih sama pada basis desainnya. Seperti kita lihat pada bemper depan yang menyatu dengan grille model sarang laba-laba berwarna hitam mengisyaratkan garis desain Toyota Auris yang sangat sukses di Eropa. Bagian yang paling menarik ketika melihat potongan garis foglamp yang membulat menjorok kedalam terlihat unik dan menjadi pembeda yang cukup signifikan.

Berbanding terbalik dengan perubahan eksterior belakang. Pada bagian belakang Toyota Yaris terbaru Rental Mobil Jakarta melihat Toyota Astra Motor mengikuti jejak desain Honda Jazz terbaru dengan menggunakan tipe bumper yang berbentuk seperti difusser udara. Hanya saja Toyota justru menempatkan spotlight untuk penanda mobil pada malam hari. Sedangkan kombinasi lampu belakang persis seperti kombinasi lampu Yaris aftermarket yang sudah dijual di pasaran sejak mobil ini diluncurkan.

Toyota Yaris Interior


Masuk ke dalam interior, penumpang dan pengemudi akan dimanjakan oleh warna bahan kain interior yang baru. Warna yang diambil merupakan warna merah kecoklatan yang jarang sekali digunakan oleh sebuah mobil Hatchback. Mungkin Toyota ingin memberikan kesan kemewahan ala Luis Vuitton yang memiliki warna dan corak mirip dengan Yaris terbaru. tidak hanya itu, kombinasi bentuk setir juga mengalami perubahan mengikuti model setir produk Toyota secara global yang sudah digunakan di Toyota Alphard, Toyota New Camry dan Toyota Land Cruiser sebagai ikon keseragaman model. Setir tersebut juga sudah dilengkapi dengan Audio control dan lingkaran yang dilapisi oleh kulit berkualitas, begitupula dengan shift knob transmisi otomatis pada Yaris tipe S.

Sistem audiio juga sudah dibuat lebih canggih. Mengandalkan head unit yang sama digunakan oleh Toyota Kijang Innova tipe G. Sistem audio ini mampu memutar CD, MP3, DVD juga masukan input dalam bentuk flasdrive dan aux in. Untuk pengendalian selain dapat dilakukan melalui setir mobil, Head unit ini juga memiliki layar yang dapat dioperasikan dengan sentuhan jari untuk memudahkan pengoperasian. Namun sayangnya dengan penggunaan head unit model terbaru ini kesan mewah yang ditampilkan oleh head unit indash terdahulu hilang.

Toyota Astra Motor belum memberikan keterangan press dan peluncuran mengenai Toyota Yaris model terbaru ini. begitupula dengan harga resmi on the road. Namun Rental Mobil Jakarta memiliki 2 opsi skema harga untuk Yaris model terbaru ini. Kemungkinan pertama ialah sedikit kenaikan harga, namun diimbangi oleh diskon yang cukup besar untuk memulai DP mobil dan harga yang tetap namun pengurangan jumlah diskon pada saat pembelian mobil. Ya kira-kira begitulah skenario penetapan harga terbaru Toyota Yaris. Kita tunggu saja peluncurannya bulan depan.