Toyota Yaris Hybrid Synergy Drive (HSD)

rental mobil jakarta toyota yaris

Toyota Yaris model terbaru sudah dipasarkan di Amerika dan Jepang. Tentunya Rental Mobil Jakarta tidak mau ketinggalan update berita seputar Yaris terbaru ini. Namun untuk kabar mengenai kedatangan Yaris model terbaru belum ada konfirmasi produk baru dari Toyota. Sinyalemen kedatangan model terbaru juga sepertinya tenggelam karena Toyota Astra Motor juga baru saja melakukan facelift pada model Toyota Yaris generasi saat ini pada bagian bumper depan belakang dan interior.

Dikala hebohnya Toyota Yaris tipe terbaru yang sudah menggantikan Yaris model saat ini. Rental Mobil Jakarta mendapatkan kabar official mengenai Toyota Yaris Hybrid Sinergy Drive yang hemat bahan bakar dan bertenaga karena menggunakan kombinasi antara mesin listrik dan mesin bensin. Meskipun masih sebatas mobil konsep, Rental Mobil Jakarta melihat konsep dari mobil ini sudah matang dan siap diproduksi massal oleh Toyota. Tentunya dengan kemunculan konsep ini membuat resah Honda yang baru saja meluncurkan Jazz Hybrid pada akhir tahun 2011.

Mengulas perihal mesin, Toyota Yaris dibekali komponen dan mesin yang sama dengan Toyota Auris Hybrid yang telah diluncurkan lebih dahulu ke pasar. Persamaannya hampir melebihi 80% parts yang disematkan dalam Toyota Yaris HSD. Sisanya adalah pengembangan dan penyesuaian dengan model Toyota Yaris, namun penggunaan material pada mesin Toyota Yaris HSD lebih ringan sehingga Toyota meng-claim mesin mobil ini lebih ringan 20% dibanding mesin Toyota Auris. Mesin 1.500 cc DOHC mampu menghasilkan tenaga hingga 98 HP dipadu oleh mesin listrik untuk tarikan awal dan menjaga sistem elektrik pada saat mobil idle, sehingga saat mobil berhenti anda tidak akan mendengar deru mesin menyala meskipun mobil sudah dalam posisi on pada saat itu.

Setuhan mesin yang sudah sangat advanced dalam teknologi hybrid tersebut disalurkan kepada teknologi transmisi terbaru Toyota yang belum pernah digunakan oleh keluarga Hybrid Toyota sebelumnya bernama e-CVT. Lalu berkat kerja keras desainer Toyota mendesain mesin dan perangkat lainnya seperti inverter, alternator dan baterai yang disematkan di kolong mesin, ruang kabin dan bagasi tetap sama dengan Toyota Yaris tipe standar. Mobil Hybrid pada umumnya selalu memakan tempat bagasi atau lainnya untuk menaruh komponen mesin yang lebih besar tetapi tidak pada Toyota Yaris. Rental Mobil Jakarta melihat ini adalah sebuah keunggulan yang akan menjadi pukulan keras bagi Honda Jazz Hybrid.

Selain bagian mesin yang berubah. Rental Mobil Jakarta juga melihat ada beberapa perubahan signifikan pada bagian body kit dalam bentuk bumper depan dan belakang yang lebih sporty ditambah dengan side skirt yang cukup landai. Juga lampu LED daylights yang menyala terang sebagaimana ciri khas mobil mewah masa kini. Fitur Lampu LED juga disematkan pada fog lamp depan dan lampu belakang yang mempunyai kombinasi khusus Yaris Hybrid.

Namun meskipun mobil ini belum diluncurkan, Toyota Yaris HSD  sebenarnya akan menjadi kompetitor bagi saudara kandungnya sendiri yang baru diluncurkan. Yaitu Toyota Prius Aqua atau Prius C yang memiliki ukuran dimensi tidak jauh beda dengan Toyota Yaris Hybrid. Jika mobil ini benar akan memasuki pasar 2012. Kemungkinan Toyota Yaris HSD akan menjadi primadona bagi mobil Hybrid dikelasnya, apalagi jika diberikan harga yang kompetitif tentunya akan semakin menggiurkan. Tunggu saja sampai Rental Mobil Jakarta mendapatkan kabar mengenai sinyalemen Toyota Yaris HSD di Indonesia.