SUV Lamborghini Urus

lamborghini urus

Rupanya Lamborghini tidak mau ketinggalan dengan Porsche yang sukses dengan varian Cayenne di segmen SUV, lamborghini pada China automotive show 2012 dengan bangga mempersembahkan sebuah SUV gagah dengan desain garis tajam khas Lamborghini yang dinamakan Lamborghini Urus yang merupakan mobil konsep masa depan yang akan memasuki tahap produksi dalam waktu dekat.

Mobil ini memiliki ukuran yang besar namun dibekali dengan segudang fasilitas. Dengan bentuknya yang besar Lamborghini mengarakan dapat menampung 4 penumpang sekaligus pada posisi duduk yang sempurna diapdu dengan kemewahan yang berkesan serius pada mobil-mobil Lamborghini pada umumnya.

Dapur pacu mobil ini juga digarap dengan serius, meskipun belum ada pemberitaan khusus mengenai spesifikasi mesin, Lamborghini dengan sesumbar menargetkan mobil ini memiliki tenaga lebih dari 600 tenaga kuda yang mampu membawa SUV ini melesat dari 0 ke 100 kilometer perjam kurang dari waktu 5 detik. Performa ini juga didukung perangkat bodi dan mesin yang terbuat dari bahan yang ringan namun kuat jika menghadapi benturan demi menjaga keselamatan penumpang.

Lamborghini Urus memiliki panjang 4.955mm, lebar 1.996 mm dan tinggi 1.660 mm. Ukuran yang tidak jauh berbeda dengan BMW X6 yang memiliki panjang 4.877 mm, lebar 1.983 dan tinggi 1.690 mm. Sehingga dapat dipastikan mobil ini bukanlah penantang sejati dari Porsche Cayene yang telah lebih dulu hadir dari segmen performance luxury cars, namun SUV sport keluaran jerman ini sebenarnya adalah kompetitor utama Lambo Urus. Mungkin kita dapat sandingkan dengan BMW M6 yang memiliki performa lebih besar dibandingkan denganseri-6 pada umumnya.

Harga yang dibanderol karena belum resmi dijual diasumsikan berada diatas Lamborghini Galardo dan dibawah Lamborghini Aventador. Sehingga angka 150.000 poundsterling merupakan cukup rasional jika dibandingkan dengan desain dan performa mesin yang ditawakan Lamborghini Urus.

Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia sudah memiliki ATPM khusus Lamborghini yang terletak di jalan TB Simatupang Jakarta Selatan. Tinggal menunggu saja apakah Lamborghini Urus akan didatangkan di Indonesia mengikuti jejak sukses saudaranya, atau akan diimpor melalui importir umum yang tersebar di pusat-pusat komersial ibukota?