Tips Mengemudi di Jalan Tol

Jalanan merupakan tempat yang berbahaya bagi setiap orang bukan cuma pengemudi, tapi penumpang dan juga semua orang yang ada di jalan. Apalagi jalan bebas hambatan yang sering kita sebut dengan jalan tol. Dianggap jalan bebas hambatan pengemudi biasanya menaikkan kecepatan di jalan tol, padahal di jalan inilah harusnya pengemudi berhati-hati dan waspada. Kurangnya kehati-hatian pengemudi dan tidak menaati peraturan rambu-rambu di jalan tol dapat menyebabkan resiko terjadinya kecelakaan. Kecelakaan yang hebat memang akan lebih sering terjadi di jalan tol, karena kecepatan kendaraan dijalan ini sangat tinggi. Tapi tidak perlu takut untuk mengemudi di jalan tol, ada beberapa tips yang perlu Anda simak dan lakukan pastinya jika sering melaju di jalan bebas hambatan ini.

1. Memberi jarak kendaraan kita dengan kendaraan di depan kita, atau sering disebut menjaga jarak, penting sekali dilakukan jika kendaraan di depan kita tiba-tiba berhenti mendadak, kita bisa antispasi. Jaga jarak juga dengan kendaraan di belakang dan disamping. Diusahakan bisa melihat jauh ke depan agar mengetahui kondisi dan situasi jalan yang akan kita lewati.

2. Gunakanlah lampu sein jika ingin pindah jalur kendaraan atau ingin berbelok. Jangan lupa melihat spion untuk melihat kendaraan di belakang dan sekitar.

3. Tidak hanya mengandalkan kaca spion usahakanlah jika Anda akan mengganti jalur menengoklah secara cepat ke belakang dan kemudian kembali focus ke depan, untuk memastikan kendaraan di belakang kita.

4. Jika Anda akan menyusul mobil, menyusullah dari kanan, karena hanya mobil untuk keadaan darurat yang dapat menggunakan bahu jalan.

5. Tiba-tiba mobil Anda rusak di tengah jalan dan tidak bisa jalan lagi, pasanglah tanda segitiga jarak 10 meter dan nyalakan lampu hazard

6. Jika terjadi ban pecah usahakanlah Anda bisa menepi ke kiri jalan dan membenarkannya sebelah kiri jalan.

7. Penumpang yang ada di dalam mobil karena mobil rusak/pecah ban harus ke luar dan menunggu di rumput sebelah kiri.

8. Perhatikanlah garis yang ada pada jalan jika ingin menyusul kendaraan depan kita, jika garis putih putus-putus Anda bisa menyusul namun jika garis kuning panjang tidak terputus berarti jalan terdiri dari dua arah.

9. Perhatikan ketika ke luar dari jalur tol, perhatikan situasi sekitar dan lakukan dengan hati-hati.

10. Beradalah dalam kecepatan normal, hal ini membantu saat ke luar dari jalur tol dengan aman.
Semoga beberapa tips di atas bermanfaat untuk kalian semua pengguna jalan tol. Selamat sampai tujuan dengan bahagia.